STUDI DISAIN MAKAM PARA PENYEBAR AGAMA ISLAM

Oleh : Gempar Ikka Wijaya

 

Beragam jenis disain makam yang unik ternyata banyak dijumpai di petilasan para penyebar agama Islam Nusantara. Selain menggambarkan bagaimana jasa para penyebar agama Islam masa lalu, disain makam mereka memiliki makna yang mendalam tentang kekaryaan dan wajah cermin masyarakat di masa perjuangan mereka.

 

 Masjid Agung Demak, Karya Wali Sanga di masa lalu

Menarik untuk mempelajari disain makam para penyiar agama Islam di Nusantara. Mempelajari makam para pejuang agama Islam ini dapat mengenang bagaimana perjuangan mereka dalam memberikan pencerahan kehidupan masyarakat melalaui agama Islam. Selain itu makam para penyebar agama Islam ini ternyata memberikan cermin bagaimana masyarakat menyambut dengan baik karya mereka, bahkan beberapa makam memberikan cermin budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat.

Makam yang ditinggalkan oleh para penyebar agama Islam itu tidak mencabut masyarakat dari akar-akar budayanya, namun justru menggunakannya secara bijak untuk lebih mendekatkan mereka kepada masyarakat sehingga pesan dakwahnya lebih mudah dicerna dan diterima.

 

Disain Makam Maulana Malik Ibrahim

Makam Maulana Malik Ibrahim ada di desa Gapura,kotaGresik, Jawa Timur.

Bangunan dari Makam Maulana Malik Ibrahin mempunyai kekhasan tersendiri, hal ini terlihat dari baha batu nisan dangayatulisan Arab. Batu Nisan terbuat dari marmer dengangayaGUJARAT.

Makam Maulana Malik Ibrahim di tengah Makam-makam yang lain

 Para Peziarah memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung

Makam Maulana Malik Ibrahim

 Disain Makam Sunan Kalijaga 

 Makam Sunan Kalijaga Ada di Desa Kadilangu, Jawa Tengah.

 

Makam Sunan Kalijaga Di antara makam-makam lain

 

 Disain Makam Sunan Giri

Lokasi makam Sunan Giri terletak di desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Tidak terlalu sulit untuk mencapai lokasi ini, karena terletak di antara perbatasan Gresik danSurabaya.

Pintu Masuk ke Makam Candi bentar Gaya Majapahit

 

Candi bentar Makam Sunan Giri dilihat dari undakan di bawahnya. Undakan dengan pegangan besi di tengahnya ini cukup panjang, karena Makam Sunan Giri memang berada di puncak perbukitan. Siluet di sebelah kanan adalah salah satu dari patung naga di depan candi bentar yang berukuran sangat besar.

 

Sebuah Patung Naga di depan Makam Sunan Giri

 Candi bentar dan patung naga di Makam Sunan Giri ini dibuat dari batu gamping dengan tekstur yang sangat menarik.

 

Desa Giri, Kebomas Gresik, Jawa Timur GPS -7.16912, 112.63061

 Suasana di sekitar Makam Sunan Giri. Bangunan joglo di sebelah kiri adalah tempat menunggu para peziarah sebelum dan setelah masuk ke makam

 

  Di tengah Kompleks Makam

Bagian Luar Makam Sunan Giri

 Bagian luar Makam Sunan Giri dengan ornamen bentuk-bentuk lengkung simetris dan repetitif pada fondasi batuan putihnya, serta dinding gebyog kayu dengan ornamen ukiran yang rumit dan indah. Sebuah karya seni budaya Jawa untuk menunjukkan penghormatan dan kecintaan masyarakat kepada sang penghuni makam.

Parapeziarah tampak tengah memanjatkan doa di bagian dalam Makam Sunan Giri yang masih dikelilingi lagi dengan dinding gayu gebyok berukir.

  Bangunan di sebelah kiri adalah makam Sunan Dalem (Zainal Abidin), anak pertama Sunan Giri. Makam Sunan Giri sendiri berada di sebelahnya, dengan fondasi batuan putih dan dinding gebyok kayu

Salah satu makam tua di halaman kompleks Makam Sunan Giri. Bentuk makam seperti ini tampaknya sudah jarang digunakan

 

 

Makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria (Syeh R. Umar Sa’id, salah satu dari Wali Songo / Wali Sembilan) menyatu dengan Masjid Sunan Muria terletak di salah satu puncak G. Muria. Makam Sunan Muria dapat dicapai dengan berjalan kaki melewati ± 700 trap/tangga/undak-undakan dari pintu gerbang di dekat lokasi parkir mobil/bus; atau dapat juga dicapai dengan naik sepeda motor ojek. Makam SUNAN MURIA di Desa Colo, Kecamatan Dawe.

Makam Sunan Bonang 

Menurut beberapa sumber, Makam sunan bonang terdapat di beberapa tempat.Adayang mengatakan di dusun Bonang Lasem kab. Rembang-Jateng, di pulau Bawean kab Gresik-Jatim, di desa Singkal kab. Kediri-Jatim dan di Kelurahan Kutorejo Kab Tuban-Jatim. Tetapi diantara ke empat lokasi tersebut, Makam sunan Bonang yang terdapat di kelurahan Kutorejo Tuban adalah yang paling banyak di kunjungi peziarah. Lokasi lain Makam SUNAN BONANG terletak di Bonang adalah desa di kecamatan Panyingkiran, Majalengka,Jawa Barat,Indonesia

 

Disain Pintu Masuk Makam

Disain Pintu Masuk Yang Unik

 

 

Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat di makamkan di Desa Drajat, Paciran, Lamongan.

 

 

 

 

Makam Sunan Ampel

Lokasi makam SUNAN AMPEL  terletak didalam komplek masjid Jami Ampel di Surabaya

 

Deskripsi Bangunan :

Didepan makam ada dua pintu gerbang besar bergaya Eropa. Makamnya terpisah dengan dari makam lainnya dan diberi pagar teralis dari besi setinggi 110 cm. Diarah kaki (bagian selatan) ada pintu yang dapat dibuka dan ditutup yang dilengkapi dengan kunci gembok. Jiratnya disusun empat tingkat dan nisannya bagian atas berbentuk seperti daun teratai. Pada sisi jiat bagian selatan dituliskan keterangan diri tentang Sunan Ampel dalam aksara Latin.

 

Masjid Ampel Surabaya

 Di atas pintu masuk ke bagian terdalam Makam Sunan Ampel terlihat hiasan seperti kala dengan dua taring runcing mencuat ke atas, dan dijaga dua ekor naga dengan mulut menganga di sisi kiri kanan pintu dengan badan naik ke atas sepanjang kusen. Hal ini bisa menunjukkan kedekatan sang Sunan dengan budaya Jawa, Hindu dan Cina.

 

 

Disain Makam Sunan Ngudung (1)

 

 

 

 

Disain Makam Sunan Ngudung (2)

 

Disain Makam Syech jangkung

 

Disain Syeh Jumadil Qubro Mojokerto\

 

 

 

 

 

MAKAM DI SEKITAR MAKAM SYEH JUMADIL QUBRO

 

 

 

This entry was posted in Seni Dan Budaya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s